Masalah Yang Sering Dialami Pompa Air

Posted on

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami permasalahan pompa air yang tiba tiba mati atau tidak mengalirkan air ? Masalah ini sebenarnya bisa kita atasi sendiri jika masih tergolong servis ringan. Masalah terberat pada pompa air adalah jika sepul pada pompa air sudah mulai lemah atau terbakar. Coba lakukanlah pengecekan pada pompa air yang kemungkinan terdapat masalah.

 

Berikut ini adalah beberapa permasalahan pompa air yang sering dikeluhkan.

1. Pompa air menyala namun air tidak keluar

  • Langkah pertama adalah periksa tangki pompa air dengan membuka tutupnya. Jika air kosong, isi dengan air kemudian coba nyalakan. Tunggu beberapa saat, jika air mengalir berarti permasalahan beres. Jika masih belum mengalir, periksa lagi tangki apakah air berkurang atau kosong. Jika berkurang, tambahkan air ke dalam tangki dan coba kembali. Jika kosong berarti terdapat kebocoran pada pipa hisap.

  • Periksa kemungkinan terdapat kebocoran pada sambungan pipa hisap dan pada footklep. Biasanya footklep kotor karena menghisap pasir atau lumpur sehingga perlu di bersihkan. Bisa juga karena per pada footklep sudah mulai lemah, dalam hal ini perlu diganti footklepnya. Gunakan footklep yang berbahan kuningan agar lebih awet.

2. Pompa air menyala tetapi air kecil 

  • Perhatikan umur dari pompa air anda apakah sudah lama atau belum? Jika sudah, kemungkinan sepul pompa air sudah mulai lemah. Solusinya adalah harus di sepul ulang, akan lebih baik lagi jika diganti dengan pompa air baru karena kemungkinan umur pompa air tidak lama jika di sepul ulang.
  • Kemungkinan kedua, dapat juga disebabkan karena kerak yang terdapat pada baut kabel atau pada sepul yang mengkambat kinerja kelistrikan pada pompa air. Bersihkan saja kerak tersebut dengan air panas. Jika kondisi pompa masih bagus pompa air akan menyala seperti biasanya.
  • Kemungkinan lainnya adalah pada pemasangannya. Apakah posisi pompa sesuai dengan daya hisapnya. Pompa dengan daya hisap 9 meter tidak bisa dipasang untuk ketinggian 12 meter.

3. Pompa air sangat lambat dan tersendat sendat.

  • Periksa kipas pada pompa air apakah ada yang nyangkut atau tidak. Putar kipas dengan menggunakan obeng, perhatikan apakah putaran terasa berat atau tidak. Jika berat kemungkinan dinamo rusak atau kotor.
  • Kemungkinan lainnya apabila putaran masih bagus adalah suplai listrik ke pompa air yang tidak sesuai spesifikasi. Periksa tegangan listrik, apakah antara 200-225volt.

4. Pompa air mati tidak bisa hidup

  • Kemungkinan yang sering terjadi karena kipas nyangkut atau karena memang umur pompa air yang sudah uzur sehingga perlu dipancing. Coba putar kipas dengan obeng, jika belum nyala ganti kapasitor pompa air. Jika belum juga menyala, periksa apakah pompa air menggunakan otomatis. Periksa radar otomatis pada tangki penampungan, apakah ada yang putus atau lepas. Kemungkinan lain adalah karena memang dari sepulnya yang sudah terbakar sehingga perlu dilakukan sepul ulang. Jika gak nyala lagi, ganti aja dengan yang baru 😀 Itu tadi adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada pompa air. Semoga bermanfaat. STB 😀
Gravatar Image
MELAYANI PEMBUATAN SUMUR BOR, SUMUR GALI, SEDOT WC, SEPTICKTANK, PERESAPAN, SERVICE POMPA AIR, KURAS SUMUR, PENANGKAL PETIR, LEDENG, DLL