Sumur Bor atau Sumur Gali??

Posted on

Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan Rumah Tangga. Dalam upaya mencari sumber air bersih, perlu pembuatan sumur yang yang sesuai untuk rumah anda. Pembuatan sumur ada yang digali secara manual (Sumur Gali) maupun dengan mesin dengan cara di bor (Sumur Bor). Untuk menentukan apakah lebih baik membuat sumur bor atau sumur gali, perlu mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya : apakah lokasi yang akan dibuat sumur luas atau sempit, apakah dekat dengan resapan, jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang anda miliki. Nah bagi anda yang masih bingung ingin membuat sumur bor atau sumur gali, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan antara sumur bor ataupun sumur gali.

 

Sumur Gali

  • Kelebihan
  1. Dari segi harga, sumur gali lebih murah dibanding sumur bor( kecuali pada kondisi lapisan tanah yang banyak terdapat bebatuan, biaya bisa bertambah sesuai kesulitan.)
  2. Dengan diameter yang lebih besar, otomatis dapat menampung air lebih banyak sehingga supply air ke water torn tidak telat.
  3. Jika air kering, sumur gali mudah untuk diperdalam dengan menggali lagi sumur. Kemudian diberi dinding buis beton yang lebih kecil. Misal sebelumnya Bis ukuran 80 cm dimasukkan ukuran 60 cm
  4. Pompa air yang digunakan untuk sumur gali cukup dengan tipe pompa air biasa sudah kuat untuk menyedot air dan mensuplai ke water torn.
  • Kekurangan
  1. Diameter yang besar memakan lebih banyak tempat sehingga diperlukan halaman yang lebih luas daripada sumur bor
  2. Waktu pengerjaan relatif lebih lama karena proses penggalian secara manual.

 

Sumur Bor

  • Kelebihan
  1. Dengan diameter sumur bor yang kecil, otomatis dapat menghemat tempat.
  2. Pengerjaan sumur bor relatif lebih cepat karena menggunakan mesin. (jika tidak ada hambatan seperti lapisan batu, lumpur dll)
  • Kekurangan
  1. Harga sumur bor lebih mahal dibandingkan sumur gali
  2. Pompa air harus memakai jet pump karena sumur bor lebih dalam daripada sumur gali, kecuali daerah yang permukaan airnya tidak terlalu dalam bisa menggunakan pompa air biasa.
  3. Sulit untuk diperdalam lagi. Jika kedalaman sumur bor sudah dalam, sulit untuk memperdalam lagi. Sebenarnya bisa diperdalam jika tidak lebih dari 20 m karena jika lebih resiko yang ditimbulkan adalah kerugian yang lebih besar.

Selain sumur bor dan sumur gali, Ada juga sumur gali yang diperdalam dengan cara dibor di dalam sumur. Pengerjaannya juga dengan cara digali kemudian ditambah pengeboran 1-3 batang.

Nah itu tadi adalah beberapa poin kelebihan serta kekurangan antara sumur gali dan sumur bor. Mudah mudahan bisa menjadi referensi anda dalam mengambil keputusan pembuatan sumur.  🙂

Gravatar Image
MELAYANI PEMBUATAN SUMUR BOR, SUMUR GALI, SEDOT WC, SEPTICKTANK, PERESAPAN, SERVICE POMPA AIR, KURAS SUMUR, PENANGKAL PETIR, LEDENG, DLL